Bagi sebagian orang mungkin baru pertama kali mendengar kata Search Engine Optimization (SEO). Namun istilah ini tidak asing lagi bagi orang yang memiliki website atau mengelola website. 


Apa itu SEO?

Lalu apa sebenarnya Search Engine Optimization (SEO) itu? Jika anda pernah melakukan pencarian suatu kata kunci pada Google, Bing atau mesin pencari lainnya, maka akan muncul beberapa website yang membahas mengenai kata kunci yang kita cari melalui Google, Bing atau mesin pencari lainnya. 

Sebagai contoh, kita mengetik kata kunci “baju pesta” pada Google atau mesin pencari lainnya, maka akan muncul beberapa website yang membahas mengenai kata kunci “baju pesta”.

Google atau mesin pencari tersebut akan mengurutkan website-website yang membahas mengenai kata kunci yang sedang dicari bukan secara acak melainkan diurutkan berdasarkan kualitas website tersebut dan tingkat relevansinya dengan kata kunci yang sedang dicari. Hal inilah yang melatarbelakangi SEO.

Jadi, SEO adalah suatu usaha untuk mengoptimalkan suatu website supaya website tersebut mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian Google, Bing dan mesin pencarian lainnya.

Jika anda membuat sebuah website, maka sebaiknya melakukan optimasi dengan SEO agar website berapa pada peringkat yang lebih baik.

Jika website berada posisi terdepan pada mesin pencarian, maka akan semakin banyak orang yang akan mengunjungi website tersebut apabila orang tersebut mencari kata kunci yang relevan dengan website anda.

Sejarah SEO

Kapan pertama kali orang-orang mengenal SEO? Awal mulanya, SEO muncul  melalui pesan spam yang diposting pada Usenet pada tanggal 26 Juli 1997. 

Pada tahun 1997, algoritma mesin pencari belumnya serumit sekarang ini sehingga sangat mudah untuk dimanipulasi. 

Menurut keterangan Danny Sullivan yang merupakan pendiri Search Engine Land, dahulu algoritma mesin pencari untuk menentukan peringkat website mendasar pada meta tags serta kode HTML yang digunakan pada website. 

Meta tags tersebut hanya berisi informasi yang terkandung pada halaman website dengan keyword tertentu. Pada tahun itu juga banyak pemiliki website yang curang dengan memasukkan keyword yang tidak sesuai sehingga hasil pencarian di SERP menjadi tidak sesuai dengan yang dicari oleh pengguna.

Lalu, Larry Page dan Sergey Brin melihat fenomena tersebut berusaha untuk mengatasinya dengan membangun Backrub. 

Backrub merupakan mesin pencari yang sederhana, menggunakan perhitungan matematika yang disebut “PageRank” dalam menentukan peringkat halaman website. Inilah cikal bakal lahirnya Google hingga saat ini.

SEO Penting Untuk Website

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, dengan SEO, website akan berada pada peringkat yang lebih baik sehingga kemungkinan orang-orang mengunjungi website kita semakin besar. 

Selain itu ada beberapa hal yang membuat SEO itu penting untuk sebuah website.  SEO merupakan salah satu bentuk strategi marketing di era digital saat ini. 

Dengan bantuan SEO, membuat website mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya sehingga apabila website anda misalnya adalah website jua beli maka ini akan sangat menguntungkan anda karena setiap hari anda akan mendapatkan pengunjung baru.

Baca Juga : Pengertian Long Tail Keyword

Indikator Utama SEO

  1. Menggunakan SSL dan TLS

Secure Socket Layar atau SSL dan Transport Layer Security (TLS) merupakan sistem keamanan yang dipakai pada website. 

Google lebih menyukai website yang menggunakan sistem SSL atau TLS karena lebih aman. 

Untuk mengetahui apakah sebuah website aman diakses adalah melihat pada samping bar URL, apabila ada logo gembok terkunci maka menandakan website tersebut aman diakses.

  1. Konten

Untuk membangun struktur website yang baik maka anda harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan. Setelah itu, anda perlu membuat konten mengenai topik-topik itu.

Sebagai contoh, jika anda memiliki blog yang kontennya tentang makeup, paling tidak ada beberapa topik tentang cara makeup, harga makeup, jenis-jenis makeup, trik makeup. Topik tersebut saling berkaitan dengan topik utama yaitu makeup.

Jika konten yang berkaitan semakin banyak, maka besar kemungkinan website anda muncul pada halaman pertama dari hasil pencarian terhadap topik tersebut. 

Website dengan konten yang saling berkaitan satu sama lain maka akan mudah dikenali oleh mesin pencari.

  1. URL yang Membentuk Website

Buatlah struktur URL yang sederhana yaitu mengandung nama domain serta judul artikel. 

Struktur URL yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali website anda dan topik utama pada website anda.

  1. Meta Tags

Apa itu meta tags? Meta tags adalah deskripsi pada halaman hasil pencarian ketika sedang berselancar di dunia maya. 

Meta tags merupakan judul serta meta desription dari sebuah website. Meta tags dibagi menjadi 2 yairu title taga serta meta description.

Title tags adalah judul artikel yang muncul pada hasil pencarian. Meta description adalah rangkuman teks di hasil pencarian. 

Meta description pada umumnya terdiri dari 120-130 karakter dan terletak di bawah judul serta URL artikel. Jika suatu meta tags relevan dengan kebutuhan pencarian maka akan mudah ditemukan pada google.

  1. Kerapian Konten

Google tidak menyukai website yang menawarkan konten yang tidak rapi atau berantakan. Oleh karena itu, sebaiknya website memiliki struktur konten yang rapi serta jelas agar website berada pada peringkat teratas. 

Gunakan heading dan juga subheading untuk menandai poin penting pada konten. Selain itu, gunakan grafis atau video yang menarik pada konten anda agar konten terkesan lebih menarik dan lebih terlihat indah.

  1. Search Intent

Orang-orang yang ingin mencari informasi tertentu pada Google atau mesin pencari lainnya maka akan mengetikkan kata kunci pada Google atau mesin pencari lainnya tersebut. 

Selanjutnya, Google akan menerjemahkan kata kunci tersebut dengan website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. 

Sebagai contoh adalah jika mengetik kata kunci “raket tenis” maka Google akan menyediakan website dari orang yang menjual raket tenis, bukan pengertian raket tenis.

  1. Backlink

Backlink adalah link pada suatu website yang menjadi rujukan blog/website lain. Website anda akan dinilai berkualitas oleh Google apabila banyak dijadikan rujukan oleh website. 

Website yang menyertakan web anda sebagai backlink juga akan diperiksa kredibilitas serta kualitasnya. Jika backlink tersebut berasal dari website yang berkualitas maka tingkat SEO akan tinggi. Bila ingin mencari backlink silahkan cek di Jasa backlink berkualitas.

  1. Kecepatan Loading Website

Website yang lambat saat diakses tidak disukai oleh Google. Website yang demikian kemungkinan besar bermasalah sehingga mendapat nilai SEO yang buruk dari Google. 

Dapat disimpulkan bahawa semakin cepat loading suatu website maka semakin baik keterbacaannya di indeks Google. 

Apabila mengalami kendala seperti ini sebaiknya website harus dimaintenance untuk mengatasi masalah loading yang lama.

Menggunakan Jasa SEO Profesional

Tidak semua orang mengerti betul tentang SEO. Oleh karena itu beberapa orang yang memiliki website yang tidak mengerti betul mengenai SEO akan menggunakan jasa SEO profesional. 

Pihak yang menyediakan jasa SEO bisa membantu memperbaiki website untuk meningkatkan SEO.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mempercayakan SEO website kepada jasa SEO yang profesional terpercaya, yakni:

  1. Mendatangnya Pengunjung Baru

Website akan terus berkembang apabila website tersebut banyak pengunjung baru. Upaya yang dapat dilakukan agar website kedatangan pengunjung baru setiap haringa adalah memperbaiki SEO. 

Memperbaiki SEO bisa dilakukan sendiri tapi jika anda tidak memahami mengenai SEO anda bisa memakai jasa SEO yang profesional terpercaya. 

Jumlah pengujung website akan terus bertambah jika konten menarik seiring angka SEO yang baik dan direkomendasikan oleh Google. 

Anda juga bisa berkonsultasi dengan jasa SEO untuk mendapatkan pelayanan terbaik dalam mengelola website menjadi lebih baik.

Harga yang ditawarkan oleh jasa SEO beragam tergantung pada kebutuhan pemilik website yang bersangkutan, biasanya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Semakin mahal harga yang ditawarkan oleh jasa SEO, biasanya disertai dengan garansi popularitas website yaitu jasa SEO biasanya memberikan garansi bahwa website anda akan menjadi nomor satu.

  1. Menghemat Waktu serta Tenaga

Jika memakai jasa SEO maka waktu tidak banyak terbuang untuk mengutak-atim website agar popular di Google. 

Dengan begitu, anda bisa fokus untuk mengembangkan konten website anda tanpa harus memikirkan masalah SEO.

  1. Posisi Pencarian Website Tinggi

SEO yang baik akan membuat website anda tertera pada halaman pertama Google jika orang-orang mencari keyword yang sesuai dengan website anda. 

Untuk menampilkan website anda pada halaman pertama Google dilakukan dengan cara berbayar akan tetapi jika memakai jasa SEO akan ditawarkan solusi untuk itu dengan harga yang jauh lebih murah dan organik.

  1. Meningkatkan Lalu Lintas Website

Dengan SEO yang baik maka pengunjung yang mengakses website akan lebih bertambah banyak. Hal ini menguntungkan apabila anda memasang iklan pada website sehingga anda memiliki pemasukan dari situ. 

Tidak hanya itu, jika website anda menawarkan jual beli, keuntungan bisa didapatkan dengan banyaknya orang yang aware terhadap website anda.

Baca Juga : Ciri Jasa SEO Profesional