Saat anda memiliki mulai mengembangkan sebuah website tentu salah satu hal yang penting adalah pembuatan konten atau artikel. 


Artikel yang harus buatpun harus SEO, karena itu akan mengindikasikan kualitas artikel dan jumlah pembaca yang lebih banyak, seperti yang kita ketahui bersama bahwa artikel yang SEO biasanya nakan menempati urutan pertama pada mesin pencari.

Baca Juga :

Memang membuat sebuah artikel yang berkualitas tidaklah mudah, namun dengan terus belajar dan membiasakan diri kamu akan terbiasa untuk membuat artikel SEO tersebut, seperti misalnya kamu harus mulai bisa memahami beberapa ketentuan dari SEO itu sendiri, pemilihan kata kunci, riset kata kunci dan banyak lain halnya yang harus dipelajari. Untuk menulis artikel SEO kamu bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Salah satu kunci penting sebagai content writer adalah memperhatikan keyword yang sedang banyak dicari oleh orang, dari pengembangan tersebut biasanya kamu akan lebih banyak mendapatkan pembaca. 

Berikut beberapa cara atau tips yang bisa kamu terapkan untuk menulis artikel SEO:

1. Pemilihan Keyword yang Tepat

Langkah pertama dalam menulis sebuah artikel SEO adalah pemilihan Keyword, darubsini kamu bisa mengembangkan ide tulisan anda. 

Keyword yang sedang banyak dicari oleh orang bisa kamu gunakan sebagai ide tulisan anda. Tinggalkan penulisan dengan Keyword Nyang tidak memiliki pencarian atau sudah ketinggalan zaman, karena akan susah dalam mendapatkan pembaca.

2. Pilih Informasi yang Sedang Banyak Dicari

Tidak berbeda jauh dengan pemilihan Keyword, pemilihan informasi buang sedang tranding akan membantu anda untuk mendapatkan lebih banyak pembaca.

Selain itu google menyukai artikel yang bisa menjawab pertanyaan dari orang orang, sehingga artikel kamu bisa direkomendasikan pada urutan pertama google.

3. Menukis Artikel yang Enak Dibaca

Pembuatan artikel yang enak dibaca oleh pengunjung akan sangat bagus dalam meningkatkan rate artikel dan website anda. 

Maka dari itu penulisan yang sesuai kaidah, akan memberikan kenyamanan bagi pembaca nantinya. Selain ramah untuk mesin pencari tentu pembaca akan selalu antusias dalam setiap tulisan Anda.

Dalam memaksimalkan hal ini, tentu kamu bisa meminta bantuan dari editor, untuk memeriksa kualitas dari artikel yang sedang anda buat.

4. Penggunaan Judul yang Menarik

Pemberian judul juga menjadi salah satu indikator yang penting dalam menarik minat pembaca, pastikan judul anda bids memberikan rasa penasaran terhadap pembaca. 

Anda bisa membuat judul dengan menggambar isi artikel secara ringkas, memberi tahu informasi penting yang terkandung pada artikel, dengan begitu biasanya rasa penasaran akan muncul pada orang-orang.

5. Gunakan Internal dan External Link

Penggunaan tersebut akan sangat membantu karena bisa mempengaruhi kualitas SEO artikek anda, saat anda menggunakan internal atau external link, akan memudahkan pembaca untuk mencari artikel atau topik yang terkait. 

Cara ini akan sangat bagus dalam meningkatkan jumlah pembaca atau Trafik pada website anda.

6. Perhatikan Struktur Penulisan

Membuat struktur penulisan yang sesuai kaidah dan sistematis tentu akan membuat pembaca menjadi lebih mudah memahami isi tulisan anda.

Anda busa menambahkan heading, subheading atau penggunaan H1-H6 dengan baik. Memaksimalkan hal tersebut sangat baik bagi kualitas tulisan anda.

7. Perhatikan Panjang Tulisan Anda

Saat kamu hendak menulis artikel pastikan memiliki panjang artikel minimal 500 kata, walaupun sebenernya tidak ada hal pasti tentang ini, namun idealnya sebuah artikel adalah 500 sampai 1000 kata.

Maka manfaatkan jumlah mata tersebut dengan baik, Pastikan isi artikel padat dan mengandung jawaban yang sedang dicari oleh pembaca.

8. Gunakan Bagian Pembuka yang Menarik

Bagian pembuka yang bagus adalah pembuka hmyang dapat menimbulkan rasa penasaran dari pembaca, saat hal ini bisa dilakukan tentu pembaca akan terus membaca sampai artikel habis, maka dari itu maksimalkan bagian pembuka anda dengan menulis sekreatif mungkin.

9. Gunakan Paragraf Singkat

Hindari penggunaan paragraf dengan jumlah baris yang terlalu banyak, karena ini hanya akan menimbulkan kebosanan saat membaca, anda bisa mulai membiasakan diri dengan menulis paragraf dengan jumlah 5 sampai 6 baris. Cara ini sangat bagus karena membuat pembaca lebih aktif dalam membaca.

10. Promosikan Artikel Anda

Cara ini juga tentu harus anda maksimal, dengan memanfaatkan berbagai macam media sosial seperti Facebook atau Instagram, anda bisa membagikan link artikel anda pada media sosial tersebut, dengan begitu akan semakin banyak orang yang mengetahui tulisan anda nantinya.

11. Tulis Artikel yang Relevan dan Spesifik

Hap ini perlu anda perhatikan, Pastikan antara paragraf dengan kalimat memiliki kesinambungan agar pembaca tidak kebingungan dalam mencerna isi tulisan yang sudah anda buat.

Dan itulah beberapa ulasan mengenai artikel SEO Friendly, tentu dengan tekun dan kerja keras kita akan terbiasa degan artikel tersebut, dan saya harap. 

Kalian juga bisa untuk memulai membuat artikel SEO ini, karena akan berdampak bagus bagi perkembangan website/blog yang sedang anda kembangkan.