Pengertian Backlink

Mungkin anda baru pertama kali mendengar istilah backlink. Namun istilah backlink sudah tidak asing lagi bagi orang yang memiliki website atau mengelola website.


Backlink adalah hal yang sangat penting untuk website. Backlink merupakan indikator yang digunakan Google dalam menentukan rangking suatu website pada halaman pencarian Google. 

Backlink terdiri dari dua kata yaitu back serta link. Link dapat diartikan sebagai suatu objek HTML yang apabila di klik akan melompat ke suatu website. 

Back berarti kembali. Sedangkan pengertian backlink adalah suatu link yang tertera pada suatu konten dalam website yang bersangkutan, yang mengarah ke suatu website lain.

Contoh Backlink

Website X memposting sebuah konten yang mana dalam konten tersebut terdapat link menuju website Y. 

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa website Y mendapatkan sebuah backlink. Jadi dari contoh ini dapat diketahui bahwa website X adalah pemberi backlink sedangkan website Y adalah penerima backlink.

Manfaat Backlink

Backlink memiliki banyak manfaat untuk website anda yakni sebagai berikut:

  1. Backlink Dapat Meningkatkan Rangking Website Anda

Dengan adanya backlink, bisa memperbaiki rangking website anda di hasil pencarian Google. Semakin teratas posisi website anda maka akan semakin banyak pengunjung yang akan mengunjungi website anda. 

Dan semakin banyak orang yang mengklik backlink yang mengarah pada website anda maka semakin bagus untuk memperbaiki rangking website anda. 

Namun anda harus berhati-hati karena Google akan memeriksa kualitas dari backlink tersebut jika backlink tidak berkualitas maka anda bisa terkena penalti yang dapat menyebabkan rangking website akan turun drastis. Oleh karena itu pastikan backlink berkualitas.

Baca Juga : Ciri Backlink Berkualitas

  1. Backlink Dapat Meningkatkan Reputasi Website

Website akan semakin tinggi reputasinya di mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya apabila semakin banyak backlink yang relevan pada website tersebut. 

Semakin banyak backlink pada website menunjukkan bahwa  website tersebut pantas untuk dijadikan referensi. 

Ini akan menguntungkan bagi anda yang memiliki website karena akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website anda apabila reputasi website anda terus meningkat.

Akan tetapi, jika website anda mendapatkan backlink yang tidak relevan maka akan berdampak buruk pada reputasi website anda bahkan yang paling buruk terjadi adalah website anda tidak tampil sama sekali pada mesin pencari karena dianggap melakukan spam backlink akibat backlinknya yang tidak relevan.

Sebagai contoh, pada website X terdapat link yang mengaraa ke website Y dimana link tersebut di website X seharusnya akan menunjukkan harga-harga mobil sport tetapi setelah pengunjung mengklik link tersebut dan pengunjung mengunjungi website Y ternyata tidak menunjukkan harga-harga mobil sport akan tetapi menunjukkan hal lain misalnya harga produk obat herbal yang dijual website Y. 

Ini menunjukkan bahwa backlink tersebut tidak relevan dan akan merusak reputasi website Y serta website X.

  1. Backlink Dapat Membangun Otoritas Website

Selain itu, backlink dapat dimanfaatkan untuk membangun otoritas web bisnis. Dengan mendapatkan link pada situs-situs poluler yang banyak diakses pengunjung maka dampaknya bagus untuk optimasi SEO website bisnis online anda. 

Selain itu, Google akan menganggap link tersebut memberikan informasi yang bermanfaat dan pasti akan disukai Google. 

Pengunjung juga akan tertarik untuk mengunjungi sebuah website yang bisa memberikan informasi yang bermanfaat, terutama jika informasi tersebut dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh pengunjung.

Apabila akhirnya terjadi konversi berupa peningkatan brand awarness hingga peningkatan transaksi pembelian berarti promosi digital marketing yang memanfaatkan backlink pada website tersebut dapat dikatakan berhasil sepenuhnya.

  1. Menciptakan Relasi

Backlink dapat menciptakan relasi. Bagaimana caranya? Jika seorang pengunjung berkunjung ke suatu website dan membaca konten dalam website tersebut kemudian ia mengklik backlink yang ada pada konten dimana mengarah ke website anda tersebut maka pengunjung tersebut tentu akan melihat-melihat konten pada website anda. 

Lalu, kemungkinan besar pengunjung tersebut bisa jadi akan mengikuti website anda terus bahkan berlangganan. 

Dari hal ini bisa disimpulkan bahwa hanya karena backlink perusahaan dapat meningkatkan trafik tanpa bantuan dari perangkat yang terdapat pada search engine dan tentunya peluang anda mendapatkan pengunjung baru yang akan berlangganan semakin besar sehingga dapat menciptakan relasi antara pengujung dengan anda.

  1. Backlink Dapat Membantu Pengindeksan Lebih Cepat

Salah satu cara Google agar dapat menemukan halaman website anda adalah mengikuti link. Backlink dapat membantu pengindeksan lebih cepat karena jika anda memiliki banyak backlink maka semakin besar peluang Google akan menemukan halaman website anda.

Jenis Backlink

Jadi, backlink itu ada 2 jenis yang pertama adalah one way backlink yang kedua adalah reciprocal backlink. One way backlink dan reciprocal backlink ini sama pentingnya dan memiliki manfaat masing-masing.

One way backlink terdiri dari signature forumblog comment dan social bookmark sedangkan reciprocal backlink terdiri dari direktori submit dan tukar link.

Mengenai teknik2 backlink diatas akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini:

  1. Signature Forum

Signature Forum berupa one way backlink yaitu dengan cara mendaftarkan diri Anda ke forum diskusi online mana saja, lalu anda diwajibkan menjawab setiap pertanyaan sambil meninggalkan link ke blog anda.

Ada beberapa forum yang memiliki signature setiap anggotanya melakukan post, dari sini anda dapat memanfaatkan kesempatan mendapatkan backlink one way tersebut.

  1. Blog Comment

Teknik blog comment ini dilakukan dengan memberikan komentar pada blog orang lain dengan cara menyertakan url website anda pada setiap komentar yang anda tulis pada blog orang lain. 

Sebaiknya isi komentar jangan terkesan hanya basa-basi agar tidak dihapus oleh pihak pemilik blog, berikan komentar yang bisa bermanfaat pada blog orang lain lalu setelah itu sertakan url website anda.

  1. Social Bookmark

Teknik ini dilakukan dengan cara melakukan submit pada website anda lalu menjadikan website anda sebagai bookmark.

  1. Direktori Submit

Direktori submit contohnya adalah sebuah website menyusun beragam website lainnya berdasarkan sebuah kategori.

Kategori tersebut mendasar pada seluruh situs web lebih dari satu halaman atau satu set kata kunci. Teknik ini membutuhkan reciprocal link yang mengharuskan anda untuk membuat banner link pada website anda.

  1. Tukar Link

Untuk dapat menerapkan teknik tukar link maka anda harus bergabung dengan komunitas blogger terlebih dahulu. Biasanya dalam komunitas blogger ada tukar menukar link agar mendapatkan backlink. 

Backlink memang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan popularitas website pada search engine. Namun tidak menjamjn bahwa semakin banyak backlink semakin tinggi tingkat popularitas website di search engine seperti Google, Bing dan lain sebagainya. 

Website akan berada pada urutan atas pada Google, Bing atau search engine lainnya apabila website tersebut populer serta merupakan website yang baik. 

Sehingga untuk dapat menjadi website yang posisinya pada urutan teratas di Google maka harus memenuhi kriteria website yang baik tersebut.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO Friendly