Persaingan website memang sesuatu yang lumrah, jika anda merasa website anda kalah oleh pesaing serta mengalami trafik yang kurang memuaskan mungkin ada baiknya bila anda mukai mengenal Long Tail Keyword salah satu rahasia teknik SEO yang dapat mengatasi berbagai macam masalah.


Pengertian Long Tail Keyword

Pengertian Long tail keyword adalah salah satu teknik SEO yang memiliki persaingan cukup rendah itu disebabkan karena spesifik dan memiliki volume yang kecil. 

Anda sendiri tentu bisa mulai menggunakan jenis SEO yang satu ini, bahkan long tail keyword sendiri lebih teoat sasaran dibandung jenis yang lain seperti short tail keyword.

Bisa dibilang bahwa long tail keyword lebih spesifik terkait apa yang ingin dicari oleh pengguna bukan hasil pencarian yang keluar secara umum. 

Itu disebabkan karena memang long tail keyword yang memang menargetkan kata kunci yang begitu spesifik, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci mereka.

Alasan Menggunakan Long Tail Keyword

Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan teknik SEO yang satu ini, sebagai contoh bila anda mengetik “iPhone X” sebagai kata kunci maka anda harus bersaing dengan puluhan juta situs lainnya, berbeda bila anda menulis kan “Iphone X Vs Samsung S20”  hasil pencarian long tail keyword terbukti lebih sedikit pesaing. Dan berikut adalah beberapa alasan kenapa harus long tail keyword :

1. Bisa Mendatangkan Banyak Trafik

Jika anda mulai terbiasa menggunakan long tail keyword tentu itu sangat bagus karena akan mendatangkan trafik yang baik bagus website anda, karena pada sebuah topik tertentu anda tidak menargetkan satu kata kunci saja akan tetapi anda menggunakan beberapa kata kunci sekaligus.

Hal tersebut akan membuat website/blog anda muncul pada setiap kata kunci yang dicari oleh para pengguna, hal tersebut bagus sehingga konten tidak hanya muncul satu kali saja. 

Sebagai contoh bila anda membuat topik dengan target 30 long tsil keyword, dan target trafik yang ingin dicapai adalah 50 trafik perkata kunci, memang sedikit, akan tetapi bila semua kata kunci digabungkan maka akan menghasilkan Trafik sampai 1500 pengunjung!

2. Long Tail Keyword Dapat Meningkatkan Conversion Rate

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa long tail keyword itu lebih spesifik, itu artinya para pengguna cenderung sudah siap untuk melakukan transaksi pembelian, sebagai contoh bila orang memasukkan kata kunci “Blacklink” maka cenderung orang tersebut akan lebih ingin mengetahui terkait apa, fungsi dan tujuan dari blacklink.

Berbeda ketika seseorang mengetikan kata kunci “blacklink termurah dan berkualitas di Indonesia maka cenderung biasanya orang tersebut sudah siap untuk melakukan transaksi, hasilnya maka pengguna akan mengklik soanyang mereka cari, seiring perkembangan trafik maka conversion rate juga akan meningkat.

3. Memiliki Pesaing Yang Rendah

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penggunaan long tail keyword ini memiliki sedikit pesaing, sehingga dalam penggunaannya memungkinkan agar website anda bisa tampil pada halaman pertama google, tentu cara satu ini patut digunakan oleh anda karena terbukti ampuh.

4. Aktif di Komunitas Online

Saat ini telah banyak grup di berbagai media sosial seperti Facebook hingga Kaskus, disana terdapat long tail keyword secara update, yang lebih penting lagi tentunya kita bisa berdiskusi dengan para pengguna long tail keyword lainnya yang ada di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan komunitas tersebut hanya untuk sekedar bertanya bila anda kurang mengerti.

5. Manfaatkan Fasilitas Google Autocomplete

Para pengguna long tail keyword tentu sudah familiar dengan Autocomplete ini, karena mampu memberikan kata kunci yang memang sedang banyak dicari oleh orang orang, untuk menggunakan fasilitas ini anda hanya perlu mengetik kata berikut ini pada mesin pencari “ cara membuat long tail keyword adalah dengan mengecek Google Autocomplete “, cara lain agar anda bisa mendapatkan sebuah kata kunci long tail keyword adalah dengan memanfaatkan penelusuran terkait, yang berada dibawah pencarian, dan itukah kata kunci yang bisa Manfaatkan untuk kebutuhan Long Tail Keyword.

Menggunakan long tail keyword pada website anda bisa anda lakukan mulai sekarang karena dapat berpengaruh pada naiknya trafik, walaupun bervolume rendah tapi long tail keyword ini memiliki sedikit pesaing saja, sisi positif tersebut bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan peluang anda.

Berbeda bila anda menggunakan short tail keyword maka otomatis anda harus bersaing dengan banyak website lainnya yang angkanya sampai puluhan juta, penggunaan long tail keyword tentu bisa dikatakan menjadi pilihan cerdas anda dalam mengembangkan website anda.

Dan itulah sedikit pengertian dan penjelasan dari long tail keyword, sebuah cara yang menargetkan beberapa kata kunci secara sekaligus dalam satu konten, yang terbukti dapat mendatangkan trafik dan pengunjung secara signifikan.