Tahukah Anda tentang ciri backlink berkualitas? Jika anda memiliki situs website atau blog, pastinya anda ingin kedua situs tersebut punya banyak pengunjungnya. 

Agar kedua situs yang anda buat itu memiliki banyak pengunjung, anda bisa menggunakan backlink, dan backlink yang digunakan harus berkualitas. Berikut informasi bagi anda, mengenai backlink dan ciri backlink berkualitas

Pengertian Backlink

Apa itu backlink? Backlink adalah hal yang bisa kita gunakan, agar situs yang telah kita buat, bisa dicari oleh orang. 

Tidak hanya mudah dicari banyak orang, situs yang telah dibuat, nantinya bisa berada di peringkat nomor satu di mesin pencarian. 

Nantinya backlink tersebut akan dimuat pada situs lainnya, sehingga nantinya orang akan mengklik link situs milik anda. 

Dengan cara tersebutlah, situs anda akan naik jumlah pengunjungnya. Tidak hanya membuat blog naik tingkat kunjungannya, tapi barang yang anda jual di situs , juga akan meningkat. 

Ciri Backlink Berkualitas

Setelah mengenal backlink, kita akan mengenal ciri cirinya. Berikut ini adalah informasinya bagi anda: 

1. Website Punya Reputasi dan juga Aktif Menerbitkan Artikel

Yang harus anda perhatikan pertama kali, adalah melihat website anda, apakah website tersebut memiliki reputasi Domain Authority (DA) atau memiliki PA dari MOZ. Dengan memiliki Domain Authority (DA) , dipastikan bahwa website tersebut punya kualitas yang baik. 

Selain memiliki reputasi yang bagus, website anda juga harus aktif, untuk menerbitkan artikel. Artikel yang diterbitkan harus berkualitas, dan di tulis dengan bahasa yang baik, serta menyesuaikan dengan target pembaca anda. 

Jika anda menulis artikel yang berkualitas, maka nantinya anda bisa untuk melakukan backlink, dan nantinya anda akan mendapat banyak pengunjung. Pengunjung bertahap akan semakin banyak, dan nantinya website anda semakin dikenal banyak orang. 

2. Memperhatikan Jenis Backlink 

Backlink sendiri memiliki dua jenis, yaitu backlink dofollow dan juga nofollow. Ada beberapa perbedaan, dari kedua backlink tersebut. Dofollow merupakan backlink, yang meminta mesin pencarian, untuk mengikuti sebuah website. 

Sedangkan Nofollow, merupakan backlink yang tidak meminta mesin pencarian, supaya tidak mengikuti website tersebut. 

Diantara kedua backlink tersebut, dofollow adalah backlink yang bisa anda gunakan. Dengan menggunakan Dofollow, orang nantinya akan mudah, untuk langsung menuju ke website anda. 

Orang nantinya akan mengklik link tersebut, dan orang juga akan mulai mencari tahu isi dari website tersebut. 

3. Menggunakan Anchor Text 

Jika anda ingin menulis artikel pada sebuah website, tentunya anda harus lebih spesifik, apa yang harus anda tulis. Agar tulisan yang anda tulis lebih spesifik, ada baiknya anda menggunakan Ancor Text. 

Anchor text ini ada pada wordpress, wadah yang sering digunakan untuk menulis artikel. Apa fungsi dari Anchor Text di Wordpress? 

Anchor Text ini berfungsi di wordpress, untuk melakukan identifikasi isi dari sebuah tulisan di link. Contoh dari Anchor Text ini adalah, judul artikel “Cara Merawat Kelinci”. Jika kita menulis judul “Cara Merawat Kelinci”, maka judul dan juga isi yang ditulis harus sesuai. 

Dengan judul dan isi artikel yang sesuai, maka artikel yang anda tulis menjadi mudah dicari orang, dan juga sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization) 

4. Menggunakan Berbagai Macam Sumber Variasi

Kriteria atau ciri backlink yang punya kualitas bagus, adalah menggunakan berbagai variasi sumber. Contoh sumber tersebut ada pada di social media, social bookmarking, serta berbagai sumber lainnya. 

Biasanya akan ada social media atau situs , yang akan memberikan anda kesempatan, untuk mengarahkan langsung untuk masuk ke situs yang anda buat. 

Arahan yang menuju pada situs tersebut, nantinya akan terasa seperti natural. Dengan arahan yang cukup natural, maka situs anda mudah untuk dicari banyak orang. Tidak hanya mudah dicari banyak orang, nantinya situs anda akan berada di nomor satu di mesin pencarian. 

5. Usia Serta Jumlahnya 

Backlink yang berkualitas, dapat dilihat dari usianya. Jika backlink yang anda buat sekitar 4-5 bulan yang lalu, maka efek yang dirasakan akan terasa berbeda. Untuk itulah, anda harus memperhatikan usianya. 

Selain usia yang mempengaruhi kualitas backlink , jumlah juga mempengaruhi kualitas dari backlink. Semakin kita memberi arahan pada situs yang lain, maka anda justru melakukan sebuah spam.

Oleh karena itu , anda harus memperhatikan jumlah arahan ke situs, agar nantinya tidak menjadi spam. Perhatikan situs mana yang harus anda berikan arahan, supaya situs anda dikenal banyak orang , dan tidak jadi spam. 

Demikianlah informasi mengenai ciri ciri backlink berkualitas. Jika anda ingin memiliki blog atau website, dan ingin website atau blognya mudah dicari banyak orang, menggunakan backlink adalah solusi yang tepat.

Baca Juga : Pengertian Long Tail Keyword