Tahukah Anda tentang Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Agar Web Naik Di Mesin Pencari? Bagi anda yang sudah memulai untuk merintis sebuah blog atau website nampaknya istilah backlink sudah tidak asing lagi, Backlink sendiri merupakan sebuah link yang dipasang pada sebuah blog atau website yang mengarah pada website/blog yang anda kelola. 


Dalam dunia backlink ada yanng disebut dengan external link dan inbound link atau pemberi dan penerima backlink.

Ketika anda meletakkan sebuah link pada blog/website anda maka anda disebut dengan pemberi link dan jika anda menerima link dari sebuah website maka anda adalah penerima link. 

Kurang lebih seperti itu sederhananya, peranan backlink bagi sebuah website juga sangat penting untuk meningkatkan traffic.

Alasan Backlink Sangat Penting

Setelah anda mengetahui tentang backlink, tentu anda juga harus mengetahui alasan di balik pentingnya sebuah backlink bagi blog/website anda. 

Tentu akan ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bagi kemajuan website/blog yang sedang anda kelola jika menggunakan cara yang satu ini. 

Dibawah ini merupakan alasan penggunaan backlink menjadi penting :

1. Google Akan Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Google biasanya akan melakukan bsebuah Crawling untuk menemukan bsebuah web yang relevan dengan kata kunci tertentu. 

Singkatnya mesin pencari akan membuat halaman baru melalui backlink ini, untuk kemudian akan di update pada indeks google. 

Biasanya Website yang tidak menggunakan backlink dari web lain akan cukup sulit terdeteksi oleh Google. 

Maka dari itu semakin banyak penggunaan backlink maka google akan mudah menemukan website yang sedang anda kelola.

2. Penggunaan Backlink Akan Berguna Dalam Peningkatan Traffic

Pada pembahasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa penggunaan backlink ini akan memudahkan google untuk menemukan website anda. 

Selain traffic yang meningkat tentunya Backlink juga akan mendapatkan sebuah traffic dari link yanh dipasang pada sebuah website, terlebih jika website tersebut mendapat reputasi yang cukup baik dari google.

3. Backlink Akan Menjaga Reputasi di google

Perlu anda ketahui bahwa saat anda memasukkan sebuah kata kunci pada mesin pencari, google biasanya akan menampilkan sebuah website pada halaman pertama berdasarkan indikator popularitas. 

Tentu dengan memiliki banyak backlink berkualitas akan sangat bagus bagi perkembangan web anda.

Cara Mendapatkan Sebuah Backlink yang Berkualitas

Lalu pertayaannya bagaimana Cara Mendapatkan Sebuah Backlink yang Berkualitas? berikut ini adalah ulasan lengkapnya :

1. Mulai Membangun Kredibilitas

Hal pertama yang tentunya harus anda lakukan adalah membangun kredibilitas website anda, hak tersebut sangat penting karena backlink yang berkualitas biasanya hanya akan mau memberi pada web yang tentunya baik dan berkualitas juga. 

Maka tidak salah bila hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun kredibilitas website anda terlebih dahulu.

2. Penulisan Konten yang Lengkap dan Baik

Saat anda hendak membangun kredibilitas website anda, kuncinya terletak dari konten yang akan anda tulis. 

Hal yang harus diperhatikan tentunya konten Anda dapat memberi jawaban dari setiap orang yang sedang mencari jawaban.

Jika begitu maka mereka biasanya akan puas dan tidak ragu dalam membagikan artikel yang anda sudah tulis.

3. Konten yang Unik

Saat anda membuat konten maka pastikanlah konten yang Anda buat itu unik dan kalo bisa buatlah konten yang belum pernah ditulis oleh orang lain. 

Keunikan dari konten yang Anda buat tentu akan sangat berguna, karena biasanya akan menarik minat banyak orang untuk menanamkan backlink pada web mereka.

4. Gunakan Tools Backlink

Selain cara diatas anda juga dapat menggunakan tools untuk mendapatkan sebuah backlink yang berkualitas, saat ini telah banyak para penyedia backlink yang tentunya bisa anda sesuaikan dan pilih terlebih dahulu sesuai dengan blog/website yang sedang anda kelola. 

Pada setiap penyedia backlink juga tentunya telah menyaring Website terlebih dahulu, sehingga anda bisa mendapatkan website yang berkualitas.

5. Gunakan Content Sharing Platform

Biasanya orang akan membagikan artikel yang sudah ditulis melalui media sosial mereka, selain cara tersebut anda juga tentu harus menggunakan content sharing platform agar jangkauan yang anda dapat semakin luas, seperti misalnya Kompasiana, Hipwee, Viva, Kaskus dan Reddit, anda bisa membagikan artikel anda disana untuk meningkatkan traffic.

6. Lakukan Guess Blogging

Guest Blogging sendiri merupakan penulisan artikel yang anda lakukan serta diterbitkan pada website/blog orang lain namun anda juga meletakan link yang mengarah langsung pada blog/website anda.

Agar bisa merasakan manfaat dari guest blogging ini, tentu anda harus memilih sebuah website yang berkualitas. Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan guess blogging adalah mediabacklink.com

Membangun sebuah backlink tentunya perlu usaha yang cukup keras, dan anda bisa melakukan cara cara tersebut agar mendapatkan backlink yang berkualitas, hal yang harus diperhatikan tentunya adalah pembuatan konten karena kedepannya backlink biasanya akan menyesuaikan dengan Niche yang sedang anda kerjakan.

Lakukanlah sebuah riset berdasarkan indikator yang sudah dijabarkan sebelumnya agar anda bisa maksimal dalam memanfaatkan backlink ini, dengan kesabaran dan penuh usaha tentu lambat laun backlink nantinya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan website/blog anda nantinya.

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Agar Web Naik Di Mesin Pencari. Semoga bisa diaplikasikan.